5 Cara Mengatasi Insomia Akut Paling Ampuh Secara Alami

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 30 Mei 2021 10:21 WIB
Cara Mengatasi Insomia
Sumber: freepik

Banyak orang masih menganggap remeh dengan insomia atau yang sering disebut dengan susah tidur dan berpendapat bahwa ini merupakan kondisi insomnia ini adalah hal yang lazim. Padahal gangguan tidur tersebut sangat mempengaruhi kondisi tubuh untuk dapat melakukan berbagai macam aktivitas keesokkan harinya. Yang mana tidur adalah kondisi tidak sadar bagi tubuh yang terjadi secara alami agar dapat beristirahat sehingga nantinya tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan beraktivitas kembali.

Insomia sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari gangguan mental, perubahan jam biologis tubuh, usia, bahkan perjalanan jauh yang harus melewati zona waktu berbeda. Insomia dapat terbagi menjadi beberapa versi tergantung dari berapa lama serta seberapa sering gangguan tidur ini terjadi.

Insomia jangka pendek atau akut contohnya dapat berlangsung satu malam bahkan beberapa minggu. Jika HappyFams mengalami hal ini tidak perlu khawatir sebab insomia akut tergolong ringan dan dapat disembuhkan. Lalu bagaimana cara mengatasi insomia akut secara alami dan tentunya aman untuk tubuh? Yuk disimak caranya di bawah ini!

5 Cara Mengatasi Insomia Akut Paling Ampuh Secara Alami

1. Segera Tidur Jika Tubuh Lelah

Cara mengatasi insomia secara alami pertama yaitu segera tidur ketika tubuh benar-benar terasa lelah. Sebab kondisi tubuh yang lelah membuat seseorang dapat tidur dengan cepat dan terlelap. Jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga dengan menunda waktu tidur, HappyFams. Rasa lelah menjadi sinyal dari tubuh agar segera beristirahat.

Sebelum tidur pastikan untuk tidak membawa barang apapun seperti telepon genggam ke atas tempat tidur. Apabila tengah malam HappyFams terbangun, cobalah untuk melakukan aktivitas dan kembali tidur saat merasa mengantuk. Jika dilakukan secara konsisten, insomia dapat segera teratasi.

2. Hindari Smartphone Saat Menjelang Tidur

cara mengatasi insomia paling ampuh
Sumber: freepik.com

Telepon genggam atau smartphone merupakan salah satu gadget yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan saat ini. Bagaimana tidak smartphone membantu segala bentuk aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Tidak hanya untuk komunikasi namun juga kegiatan lain seperti berbelanja secara daring hingga melakukan pembayaran.

Dibalik kelebihannya tersebut, ternyata smartphone dapat menjadi pemicu insomia terutama yang diletakkan dekat kepala. Untuk itu cara mengatasi insomia paling ampuh yakni dengan menjauhkan diri dari smartphone. Mengapa? Sebab smartphone mengeluarkan cahaya biru yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan cahaya biru yang berasal dari smartphone dapat menghambat produksi hormon melatonin yaitu hormon pengatur tidur.

Jadi sebaiknya usahakan untuk menjauhkan ponsel HappyFams saat menjelang tidur untuk menghindari insomia dan gangguan kesehatan tubuh lainnya.

3. Menciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Siapa bilang insomia hanya dialami oleh orang dewasa saja. Nyatanya anak-anak juga dapat mengalami insomia. Bahkan sebuah penelitian menemukan jika penyebab anak mengalami insomia karena adanya peran orang tua dalam mengatur pola tidur anak, terutama orang tua yang membiarkan anak-anaknya untuk begadang atau tidur larut malam.

Faktor lainnya yakni stres akibat masalah di rumah atau di sekolah, trauma, hingga obat yang dapat menyebabkan kesulitan tidur. Tenang, ternyata ada cara mengatasi insomia pada anak yakni dengan menciptakan kamar tidur yang nyaman untuk ditempati oleh anak-anak.

Ruangan tempat tidur tidak perlu terlalu luas, sebaiknya letakkan barang-barang kesukaan anak serta usahakan untuk selalu dalam posisi rapi. Atur juga lampu pencahayaan kamar saat tidur agat tidak mengganggu. Jangan pernah meletakkan barang elektronik seperti televisi di dalam kamar yang dapat merangsang kinerja otak dan membuat anak kesulitan tidur.

HappyFams juga dapat memasang pengharum ruangan yang memiliki aroma relaksasi seperti lavender, sandalwood, bergamot, dan neroli. Pilih juga bentuk pengharum ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, HappyFams agar tidur menjadi semakin lelap.

BACA JUGA:

4. Pilih Kasur Yang Tepat

cara mengatasi insomia pada ibu hamil
Sumber: freepik.com

Bagi wanita hamil, memperoleh tidur yang lelap sangat sulit didapat terutama pada kehamilan trimester ketiga. Gangguan tidur atau insomia pada ibu hamil dapat disebabkan oleh rutinitas tidur yang buruk, kebiasaan menonton televisi sebelum tidur, emosi tidak stabil, hingga hiperaktivitas fisik.

Lalu bagaimana cara mengatasi insomia pada ibu hamil yang tepat? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih kasur atau tempat tidur nyaman agar meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Kasur yang keras tentu dapat membuat tubuh menjadi kurang nyaman untuk tidur, bahkan bagi wanita hamil sekalipun.

Tidak ada salahnya HappyFams menggunakan kasur yang tebal dan empuk, serta tambahkan juga bantal atau guling yang sesuai agar dapat menopang perut dan punggung ibu hamil ketika tidur. Bahkan saat ini sudah tersedia bantal atau guling khusus ibu hamil dapat dibeli baik secara online.

5. Berolahraga

Berolahraga dapat menjadi cara mengatasi insomia parah sekalipun. Rutin melakukan kegiatan fisik atau olahraga terbukti mampu menghilangkan gangguan tidur pada seseorang. Olahraga yang disarankan untuk mengatasi insomia yakni kardio, yoga, dan peregangan.

Olahraga kardio memang dapat meningkatkan detak jantung sehingga membuat tubuh menjadi cepat tidur. Ada beragam jenis olahraga kardio yang bisa HappyFams pilih seperti lari, jalan cepat, aerobik, bersepeda, dan berenang. Lamanya olahraga kardio dapat dilakukan sekitar 10-20 menit sebanyak tiga kali seminggu untuk memperoleh tidur yang berkualitas.

Yoga tidak hanya untuk orang dewasa saja, namun juga para remaja yang rentan mengalami stres akibat aktivitas sekolah yang padat, tugas-tugas sekolah yang berat, ditambah bimbingan belajar di luar sekolah. Stres dapat menjadi pemicu remaja mengalami gangguan tidur. Untuk itu yoga dipilih sebagai cara mengatasi insomia pada remaja.

Teknik pernafasan pada yoga mampu mengatur energi dan juga mengurangi stres sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti bahwa yoga dapat menurunkan kortisol yakni hormon utama pemicu stres.

Ternyata insomia akut masih dapat diatasi dengan cara-cara alami. Meskipun begitu, HappyFams tetap tidak boleh menganggap remeh gangguan tidur ini. Apabila cara-cara di atas kurang mampu untuk mengatasi insomia atau bahkan frekuensi insomia semakin meningkat, segera konsultasikan diri kepada dokter. Semoga bermanfaat untuk, HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Mengatasi Insomia Akut Paling Ampuh Secara Alami"