5 Cara Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang Tanpa Harus Membentak

Waktu Baca: 3 menitKamis, 21 Maret 2019 18:46 WIB
5 Cara Mendisiplinkan Anak
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Tahukah Moms bahwa mendisiplinkan anak tidak harus selalu tentang pengendalian perilaku baik dan buruk dengan ancaman hukuman, apalagi bentakan? Faktanya, disiplin pengendalian perilaku baik dan buruk antara orang tua dengan anak-anak akan lebih baik bila datang dari keinginan, juga kesadaran anak sendiri. Hal lain yang tak kalah penting adalah orangtua bisa memahami apa saja motivasi anak dalam berperilaku, serta apa yang membuat ia bersemangat. Dengan begitu, Moms bisa mengarahkan hal-hal tersebut ke perilaku yang positif. Dikutip dari supernanny.co.uk, berikut adalah 5 cara mendisiplinkan anak dengan tepat.

1. Metode Parenting Positif Dengan Memberikan Pujian Kepada Si Kecil

pujian kepada anak
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Pada usia tertentu, anak akan melakukan apa saja yang dapat menarik perhatian orang sekitarnya, terutama orang tua. Masalahnya, seringkali Moms dan Dads hanya memperhatikan si kecil ketika berbuat nakal dengan memarahi atau membentak. Berbeda ketika anak berkelakuan baik, Moms cenderung membiarkan bahkan mengabaikan. Dari sini, anak akan beranggapan bahwa nakal dapat menarik perhatian orang tua untuk berinteraksi. Oleh karena itu, sebaik nya Moms dan Dads bisa memberikan perhatian lebih dan apresiasi ketika anak berbuat baik. Berikan senyuman dan tepuk tangan ketika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik. Lakukan pujian ini tidak hanya saat kali pertama si kecil dapat melakukan hal tersebut. Rajinlah memberikan penghargaan kepada si kecil berupa pujian dan semangat pada anak di kesehariannya.

2. Kedekatan Personal Bisa Menjadi Metode Pendisiplinan Efektif

kedekatan pada anak
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Moms dan Dads harus bersedia meluangkan waktu untuk memahami dunia anak, hobi, juga hal-hal lain yang menurut mereka menarik. Ketika Moms dan Dads mengenali kesukaan anak, Moms dan Dads dapat memahami dan memberikan saran sesuai dengan kemampuan mereka layaknya seorang pelatih yang mengetahui kebutuhan setiap pemain.

3. Tak Harus Membentak, Ambil Waktu Jeda Untuk Menenangkan Diri

jangan membentak anak
Sumber: Freepik.com/Rawpixel

Perilaku anak yang membuat kita kesal, cenderung membuat emosi meningkat. Disini, pengendalian diri Moms tak kalah penting. Jauhkan diri dari anak untuk beberapa menit dan tenangkan diri sendiri. Ingatlah bahwa anak akan meniru segala hal yang Moms lakukan, dan membentak bukanlah sesuatu yang baik untuk ditiru.

4. Berikan Hukuman Yang Masuk Akal

hukaman anak
Sumber: Freepik.com/Fwstudio

Hukuman tidak harus melalui kekerasan fisik. Moms bisa menerapkan hukuman yang rasional sebagai bentuk tanggung jawab anak karena melakukan kesalahan. Dengan nada tenang dan bijaksana, sampaikan bahwa anak harus melakukan hukuman tersebut karena tindakan yang ia lakukan sebelumnya. Contohnya, anak harus membantu Moms merapikan kamar bila ia membuat kamar berantakan. Atau anak harus duduk tenang di kursi yang Moms sediakan akibat bermain air di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini jauh lebih efektif daripada kesan takut yang muncul akibat teriakan dan bentakan saat Moms marah.

5. Minta Anak Mengakui Kesalahan Atau Menulis Permintaan Maaf

mengakui kesalahan
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Walaupun usianya sangat muda, anak sudah bisa mengembangkan akal berpikirnya. Dengan komunikasi yang baik, anak bisa memahami kenapa ia dikatakan salah dan harus menerima hukuman. Moms bisa meminta anak untuk mengakui kesalahan, contohnya :

Aku tidak disiplin memenuhi jam bermain gadget, dengan ini nantinya aku akan dikurangi jam bermainnya. Aku juga tidak akan mengulanginya lagi

Untuk anak-anak yang berusia lebih tua, Moms juga bisa meminta si kecil menulis permintaan maaf ketika melakukan kesalahan. Tulisan tersebut bisa disimpan sehingga anak akan lebih mengingat bahwa apa yang ia lakukan salah.

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk mendisiplinkan anak dengan kasih sayang tanpa menonjolkan sisi otoriter yang membuat anak takut. Ketika anak takut dan tidak sadar sepenuhnya bahwa apa yang ia lakukan salah, anak akan memilih untuk menutupi dengan berbohong.

Yuk jadikan anak lebih pintar dan disiplin dengan cara yang baik, Moms! Share juga yuk di kolom komentar, apa saja yang Moms lakukan dalam mendisiplinkan anak Moms?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang Tanpa Harus Membentak"
related post
Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua, Baik Sama Ibu Maupun Ayah

Anak nurut kepada orangtuanya menjadi salah satu impian setiap Moms and Dads. Sayangnya, tidak semua ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang ... Lanjut Baca

Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca