5 Cara Diet Saat Puasa Ramadhan Dan Tetap Makan Nasi Bisa Turun 10 Kg

Waktu Baca: 5 menitKamis, 29 April 2021 08:25 WIB
Diet Saat Puasa
Sumber: freepik

Mendapatkan berat badan yang ideal memang impian bagi sebagian besar orang. Tidak jarang banyak orang rela melakukan apapun demi memperoleh berat badan yang sesuai dengan keinginan. Bahkan tetap menjalankan diet meskipun sedang berpuasa karena dianggap lebih efektif menurunkan berat badan. Meskipun begitu ternyata diet saat puasa Ramadhan tidak dapat dilakukan sembarangan agar berat badan tidak naik setelah puasa nantinya.

Berpuasa sebenarnya sudah dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi masih tetap diperlukan adanya pengaturan pola makan selama berpuasa agar progam penurunan berat badan dapat berhasil. Jika tidak bukan turun justru berat badan naik selama puasa.

Lalu bagaimana cara diet saat puasa Ramadhan dan dapat turun 10 kg meskipun tetap makan nasi? Mari disimak beberapa tips diet saat puasa berikut ini!

1. Mengurangi Konsumsi Gula

diet saat puasa turun 10 kg
Sumber: freepik

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis memang dibutuhkan bagi tubuh karena membantu mengembalikan energi lebih cepat terutama setelah berpuasa seharian. Namun tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh, bahkan dapat memicu terjadinya peningkatan berat badan.

Perlu diketahui jika seseorang sedang berpuasa, jumlah hormon insulin di dalam tubuh mengalami penurunan. Padahal hormon insulin berfungsi mengubah gula menjadi tenaga bagi tubuh. Namun gula yang tidak diubah menjadi energi akan disimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh, itulah mengapa ketika penting bagi HappyFams untuk mengurangi gula saat menjalankan diet di bulan Ramadhan sekalipun.

Sebagai pengganti lebih baik pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, nasi merah, dan sayur. Jika rutin mengurangi melakukannya, diet saat puasa turun 10 kg bisa tercapai.

2. Menghindari Makan Gorengan

diet saat puasa turun 15 kg
Sumber: freepik

Setiap bulan Ramadhan tidak sedikit orang memilih gorengan sebagai cemilan untuk dinikmati saat buka puasa. Padahal mengkonsumsi makanan yang digoreng sangatlah tidak baik bagi tubuh karena mengandung lemak jenuh dan dapat menjadi pemicu seseorang mengalami kenaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara berlebih.

Meskipun begitu tubuh tetap membutuhkan lemak sebagai sumber energi dan bahan baku pembentukan hormon. Namun lemak yang dibutuhkan tubuh adalah lemak tak jenuh atau unsaturated fat, berfungsi meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), serta membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Diet saat puasa turun 15 kg bisa terwujud jika HappyFams menghindari makanan yang digoreng. Tenang kebutuhan lemak tak jenuh dapat diperoleh dari dengan mengkonsumi kacang-kacangan, ikan, alpukat, dan bayam.

3. Tetap Makan Nasi

Banyak orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nasi saat sedang menjalankan diet. Padahal nasi merupakan sumber karbohidrat utama dan sumber tenaga bagi tubuh. Diet saat puasa tetap makan nasi ternyata masih dapat menurunkan berat badan, lho.

Untuk lebih aman disarankan mengkonsumsi nasi merah karena kandungan serat dan nutrisinya yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Bagi HappyFams yang lebih memilih nasi putih perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar diet tetap berhasil.

Pertama, ambil nasi putih sebanyak satu sendok nasi untuk satu kali makan. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. HappyFams juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan saat sedang berdiet. Di dalam 100 gram nasi putih mengandung setidaknya 130 kalori dan 29 gram karbohidrat.

Kedua, ada baiknya ketika mengkonsumsi nasi putih HappyFams juga harus memperbanyak makan sayuran. Sayuran yang tinggi serat dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, tentunya dengan jumlah kalori lebih rendah daripada nasi putih.

Terakhir, pilih metode memasak yang tidak dapat menambah jumlah kalori pada nasi putih. Salah satu cara mengurangi kalori pada nasi putih yakni dengan mendinginkan nasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Ternyata dengan mengkonsumsi nasi putih dingin tidak hanyak mengurangi kalori namun juga kandungan gula di dalamnya.

4. Perbanyak Minum Air Putih

tips diet saat puasa
Sumber: freepik

Saat berpuasa tubuh banyak kehilangan cairan sehingga sangat penting mengkonsumsi air putih. Meskipun sedang berpuasa, HappyFams tetap harus mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Tentunya mengkonsumsi air putih saat sedang berpuasa berbeda dengan hari-hari biasanya.

HappyFams dapat menggunakan rumus 2-2-2-2 yakni dua gelas pada saat sahur, dua gelas ketika buka puasa, dua gelas setelah solat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Menurut penelitian, minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen.

Dengan begitu semakin cepat metabolisme tubuh bekerja maka semakin besar pula lemak serta kalori yang dibakar nantinya. Selain itu air putih juga lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan minuman berasa atau warna yang dapat membahayakan tubuh apabila terlalu sering untuk diminum.

5. Jangan Lupa Untuk Berolahraga

Meskipun sedang menjalani puasa, olahraga tetap masih dapat dilakukan. Olahraga ketika sedang berpuasa menjadi lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan ketika berolahraga, tubuh membutuhkan banyak energi yang biasanya berasal dari pembakaran glukosa.

Namun ketika sedang berpuasa tubuh tidak mendapatan glukosa selama berjam-jam sebagai pengganti energi dibutuhkanlah cadangan lemak pada tubuh. Sehingga lemak yang ada akan dibakar sebagai energi dan tentunya ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Waktu olahraga saat puasa tentu tidak dapat sembarangan dilakukan. HappyFams dapat melakukan sebelum berbuka puasa, setelah berbuka puasa, atau setelah sahur. Perlu diperhatikan jika olahraga yang dilakukan harus berintensitas rendah untuk menghindari lemas, lelah, atau pusing selama berpuasa.

Lalu diet saat puasa turun berapa kilo? Selama HappyFams rutin melakukan tips-tips di atas, bukan tidak mungkin tubuh dapat turun sebanyak 10 kg selama bulan puasa. Memang terlihat tidak mudah untuk dilakukan namun jika dilakukan dengan bersungguh-sungguh tentu terasa lebih mudah. Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Diet Saat Puasa Ramadhan Dan Tetap Makan Nasi Bisa Turun 10 Kg"