5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Waktu Baca: 2 menitKamis, 12 November 2020 10:19 WIB
cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan
Sumber: pikwizard

Berhubungan suami istri sekarang tak hanya merupakan sebuah keinginan saja, melainkan juga menjadi sebuah kebutuhan hidup. Bahkan berhubungan intim secara rutin antara suami istri bisa menjadi kunci untuk menjaga keharmonisan keluarga. Akan tetapi, bagaimana jika Moms dan Dads yang beru menikah ingin menunda memiliki momongan? Bisakah cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan?

Cara Berhubungan Intim yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Sebenarnya ada banyak metode berhubungan intim pasutri yang bisa diterapkan tanpa mengakibatkan kehamilan. Berikut ini ulasannya!

1. Ketahui Masa Subur

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan dapat dengan mengetahui masa subur kewanitaan. Siklus menstruasi umumnya berkisar selama 21-31 hari. Dengan mengenali masa subur, maka Moms bisa melakukan seks kapan saja bersama pasangan tanpa harus takut terjadi kehamilan.

Menurut para ahli, masa 1-2 hari sesudah selesai menstruasi ialah waktu untuk mendapatkan kehamilan yang rendah. Alasannya karena belum terjadi pelepasan sel telur di dalam rahim wanita.

2. Memakai Alat Kontrasepsi

kondom mencegah hamil
Sumber: pexels

Memakai alat kontrasepsi merupakan cara efektif menunda kehamilan. Baik dengan memakai kondom, IUD, spermisida, maupun spons kontrasepsi. Cara paling umum yang bisa dilakukan ialah menggunakan kondom. Apalagi kini ada banyak jenis kondom tipis yang dijual supaya hubungan intim tetap nikmati. Bahkan ada pula kondom berbagai varian rasa dan aroma yang bisa dipilih untuk yang menyukai sensasi berbeda.

Baca Juga: Apakah benar kondom efektif mencegah hamil?

3. Menghindari Penetrasi

Cara termudah supaya tidak terjadi kehamilan saat berhubungan intim ialah dengan tidak melakukan penetrasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan tanpa penetrasi, diantaranya seperti seks oral, masturbasi, berciuman dan foreplay. Rasanya memang sulit bila suami istri tidak berhubungan seks, oleh karenanya tetap diperlukan komunikasi hingga keduanya siap memiliki momongan.

4. Senggama Putus

Kehamilan dapat terjadi apabila sel telur telah bertemu sperma. Inilah yang dinamakan pembuahan. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan dengan tidak mengeluarkan sperma di dalam Rahim. Tapi hal ini memerlukan keahlian laki-laki agar memastikan dan mengontrol keluarnya sperma.

Namun, tidak selamanya metode ini berhasil sebab pada beberapa pria ada yang mengalami ejakulasi dini, yakni pihak laki-laki tidak bisa mengontrol sperma yang keluar.

5. Pakai Pengontrol Hormon

Tips seputar hubungan suami istri penting sekali bagi Moms yang ingin tetap menjaga keharmonisan keluarga. Tidak terkecuali saat Moms dan Dads ingin menunda memiliki momongan. Jika keduanya sepakat menunda momongan, bisa rencanakan memakai pengontrol hormonal, bisa berupa suntik KB, pil KB, maupun pemakaian alat kontrasepsi darurat. Untuk melakukannya perlu konsultasi dan pengawasan dari dokter terlebih dahulu. Sebab setiap wanita memiliki kondisi tubuh yang berbeda, sehingga respons tubuh terhadap kontrasepsi hormonal pun akan berbeda.

Demikian 5 cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan yang bisa Moms & Dads coba untuk menunda kehamilan sementara. Tapi bila Moms yang ingin cepa hamil, pelajari posisi bercinta untuk cepat hamil.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan"