5 Bahasa Cinta Suami Istri Yang Bisa Bikin HappyFams Kian Mesra

Jum'at, 28 Februari 2020 10:00 WIB
bahasa-cinta-3616
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Dalam pernikahan, pasangan punya kelebihan dan kekurangan ya, Moms, begitu juga diri kita. Kadang kala Moms sudah siap-siap mendengar pujian dari Dads, eh Dads malah mengeluarkan kata-kata yang dingin. Atau ketika Moms lagi sibuk, tahu-tahu Dads malah memeluk erat. Nah lho, ada apa ini? Apakah Dads sedang menginginkan hubungan intimkah?

Eits, belum tentu ya, Moms! Salah satu seni dalam membangun hubungan melalui cara mengungkapkan bahasa cinta. Moms tentu pernah dengar ungkapan "Lelaki berasal dari Mars dan perempuan berasal dari Venus"? Ya, kira-kira sejauh itulah perbedaan pria dan wanita. Bahkan, sampai beda dua planet ya jauhnya.

Kebanyakan pria adalah pribadi yang minim bicara. Secerewet apapun, pasti jumlah kata yang diucapkan pria akan lebih sedikit daripada wanita. Untuk itu, ungkapan cintanya akan berbeda dari Moms. Tak jarang karena Moms gagal memahaminya, Moms sampai pada kondisi meragukan cinta suami. Duh, jangan sampai ya, Moms!

Supaya bahasan bahasa cinta ini akan semakin seru, marilah kita cari tahu terlebih dahulu, apa sih bahasa cinta menurut psikologi? Simak ya penjelasannya di artikel ini, Moms!

Bahasa Cinta Dalam Tinjauan Psikologi


Sumber: Pexels.com

Dr. Gary Chapman, penulis buku The Five Love Languages: How To Express Heartfelt Commitment to Your Mate yang terbit pada tahun 1992, mengungkapkan bahwa secara umum terdapat 5 jenis bahasa cinta. Lima bahasa cinta ini sudah diuji secara statistik dan dapat dipastikan merupakan hal yang empirik (nyata). Apa sajakah itu?

1. Physical Touch

Sentuhan fisik memang bahasa cinta yang luar biasa ya, Moms. Sentuhan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Sedikit sentuhan, pelukan, bahkan kecupan mampu membuat seseorang tambah mencintai pasangannya. Ada rasa tenang yang dihasilkan dari sebuah sentuhan. Kehangatan tubuh pasangan memberikan rasa damai.

Sering-sering melakukan sentuhan fisik dapat meningkatkan kadar hormon bahagia, serotonin, dan dopamin lho, Moms! Peningkatan kadar kedua hormon ini dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit lainnya karena dapat meningkatkan kerja imun dalam menurunkan radikal bebas.

2. Quality Time

Tidak harus mewah, tidak harus dilakukan dengan perencanaan yang rumit, cukup meminta pasangan duduk di sebelah Moms saja, sudah cukup. Bagi pasangan LDR, bisa sediakan waktu khusus telepon atau chat. Dengan meluangkan waktu HappyFams untuk pasangan masing-masing, tanpa harus diganggu interupsi apapun, maka kebutuhan cinta pasangan akan terpenuhi sehingga pasangan semakin cinta, merasa dihargai, dan penting.

3. Act of Service

bahasa cinta pria
Sumber: Yandex.com

Bahasa cinta yang satu ini tidak diungkapkan dalam sebuah kata-kata indah, bukan berupa hadiah yang mahal, namun sesederhana memberikan tawaran dan tindakan dengan pertanyaan "Mau aku bantu?" kepada pasangan. Contohnya, ketika Dads sedang lembur membuat laporan kerja semalam suntuk, Moms menemani dan memberikan pelayanan kepada Dads dengan menyuguhkan kopi. Sederhana, tapi bisa membuat Dads merasa diperhatikan lho. 

Kebanyakan Moms juga sangat menyukai bahasa cinta ini. Apalagi jika sedang memiliki bayi. Duh, bantuan menimang si kecil, mengganti popoknya, atau membersihkan rumah menjadi hal-hal yang berarti besar bagi Moms. Setuju dong ya, Moms?

4. Words of Affirmation

Ada tipikal pasangan-pasangan yang mandiri, hebat, dan bisa melakukan hampir semua tanggung jawabnya sendiri. Ada pasangan yang mengalami perasaan inferior berkepanjangan. Jika pasangan HappyFams adalah tips orang yang seperti ini, mereka tak butuh hal-hal material atau tindakan. Yang mereka butuhkan adalah pengakuan atau pujian. Ungkapan "Kamu hebat,", "Kamu cantik," "Aku bangga padamu", dan "Aku mencintaimu" menjadi hal yang sederhana, namun dapat menghapus badai dengan cepat.

5. Receiving Gift

Bukan bermaksud materialistis, namun ada juga orang yang merasa dihargai ketika diberikan sesuatu lho, HappyFams! Coba perhatikan, apakah mungkin pasangan Moms atau Dads begitu? Walaupun, hadiah yang diberikan tidak usah melulu yang mahal. Cukup belikan gorengan di dekat kantor yang disukai Moms dan tidak dapat dibelinya karena masih kerepotan di rumah mengurus anak. Atau contoh lainnya bagi Moms, cukup orderkan Dads kuliner mie ayam yang jadi kesukaan Dads ketika sedang lembur mengerjakan laporan akhir tahun.

Pemberian hadiah kepada pasangan juga merupakan salah satu perekat perasaan yang efektif lho, HappyFams! Aktivitas bertukar kado biasanya memicu rasa haru, karena seseorang dapat merasa begitu dihargai dan diperhatikan. Penting untuk Moms dan Dads ketahui, bahasa cinta ini juga bukanlah hal yang pasti permanen. Menurut penelitian, bahasa cinta pun dapat berubah seiring waktu, tergantung usia dan masalah yang sedang dihadapi.

Cara Mengetahui Bahasa Cinta Yang Moms Miliki


Sumber: Pexels.com

Sebenarnya untuk mengetahui bahasa cinta Moms cukup mudah. Ingatlah kembali mana tindakan Dads yang membuat Moms bahagia dan merasa dihargai. Misalkan, Moms mungkin tidak terlalu butuh hadiah, namun sangat bahagia dan merasa dihargai jika Dads mau membantu Moms melakukan sesuatu.

Atau Moms adalah tipe orang yang biasa mandiri, dan hanya butuh kata-kata afirmasi atau penyemangat. Moms hanya ingin Dads mendukung dan membiarkan Moms melakukan apa yang Moms bisa dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, Moms bisa juga mencoba menemukan bahasa cinta Moms dengan mengikuti tes yang tersedia secara online. Lumayan, untuk menambah validasi, dan mengenal lebih dalam bahasa cinta Moms sendiri. 

Cara Mengetahui Bahasa Cinta Pria

meragukan cinta suami
Sumber: Pexels.com

Bahasa cinta pria dapat diketahui dengan dua cara: tanyakan langsung atau pengamatan. Tanyakan pada Dads, apakah tindakan Moms yang paling disukainya ketika Dads menghadapi masalah. Apakah yang disukai Dads untuk menghabiskan waktu bersama berdua? Apakah Dads senang sekali jika diberi hadiah atau bantuan sewaktu-waktu?

Moms juga dapat melakukan pengamatan setiap kali Moms mengungkapkan rasa cinta. Manakah yang paling membuat Dads nyaman? Jika sudah menemukan jawabannya, kemungkinan itu adalah bahasa cinta yang Dads sukai.

Lakukan pengamatan terhadap bahasa cinta yang diungkapkan Dads.  Lakukan pengamatan ini saat Dads sedang penuh cinta. Lakukan saat Dads sedang menghadapi masalah. Apakah tindakan ternyaman yang akan dilakukannya. Sebagai contoh, beberapa lelaki akan sangat senang mendengar, "Semua akan baik-baik saja", atau sangat senang jika dibuatkan sesuatu saat menghadapi masalah atau tugas. 

Sebagai penguat keyakinan, Moms dapat meminta Dads untuk mengikuti tes lima bahasa cinta di Internet. Ambil tes tersebut sebagai pribadi atau sebagai pasangan agar tidak keliru dalam memberikan treatment kasih sayang kepada pasangan.

Sikap Yang Tepat Dalam Memberi Bahasa Cinta

cara mengetahui bahasa cinta pria
Sumber: Yandex.com

Kalau sudah mengetahui bahasa cinta masing-masing, penuhilah kebutuhan pasangan tersebut dengan baik. Kemudian, minta juga pasangan untuk melakukan hal yang sama kepada Moms. 

Tanyakan kepada pasangan masing-masing, seberapa sering frekuensi bahasa cinta harus diberikan. Misal, Dads suka dipeluk minimal tiga kali sehari. Batasan ini tidak terlalu ketat, karena pada dasarnya manusia itu fleksibel. Namun, pastikan Moms memberi pelukan setidaknya ketika bangun tidur, saat Dads pergi dan pulang dari kantor, dan sebelum tidur, ya!

Selain itu, tanyakan saat yang tepat untuk memberi bahasa cinta. Walaupun, memang tidak ada saat yang tidak tepat, sebenarnya. Hanya saja akan ada saat yang sangat tepat. Misal, ketika pulang kerja dan habis dimarahi Bos, Dads akan lebih sering minta dipeluk. Usahakan untuk memenuhinya ya, Moms supaya Dads merasa diperhatikan.

Bahasa cinta setiap pribadi memang unik. Namun disanalah kehangatan berada. Bahasa cinta memberikan koneksi antara satu jiwa dan jiwa lainnya. Karena pasangan sejatinya adalah soulmate, teman sejiwa. Masing-masing jiwa memiliki kebutuhan berbeda dan sebaiknya dipenuhi oleh pasangannya.

Pasangan adalah pakaian belahan jiwanya. Lindungi ia dari paparan luar yang berbahaya dengan memberikannya kenyamanan sebisa mungkin. Bahasa cinta untuk suami adalah hal kecil yang dapat memberi efek besar terutama dalam hal kepercayaan dan kesetiaan.

Demikian serba-serbi bahasa cinta yang harus Moms ketahui. Jangan sampai salah paham satu sama lain lagi ya, Moms. Bagaimana dengan pengalaman pribadi Moms sendiri mengetahui bahasa cinta pria? Jangan lupa bagikan pengalamannya di kolom komentar ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Bahasa Cinta Suami Istri Yang Bisa Bikin HappyFams Kian Mesra"
related post
Tips Menghadapi Istri Yang Tak Satu Hobi, Begini Caranya Dads!

happinest.id - Dads suka fotografi, Moms lebih senang nonton drama korea. Atau Dads suka memancing ... Lanjut Baca

Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Setelah 5 Tahun Menikah

happinest.id - Ketika pernikahan tak seindah dulu, ketika baru saja mengucap janji setia sampai mati, ... Lanjut Baca

Pasangan Baru Menikah, Yuk Pahami Tips Keuangan Keluarga Dari Dasar

happinest.id - Yang baru menikah, pasti sedang hangat-hangatnya. Pergi ke mana pun, tangan selalu menggandeng ... Lanjut Baca