4 Tips Memberi MPASI Pertama Bagi Si Kecil. Moms Sudah Tahu?

Waktu Baca: 5 menitRabu, 15 Mei 2019 09:59 WIB
Moms Sudah Tahu
Sumber: Pexels.com

Apakah Moms adalah seorang ibu dengan bayi berusia enam bulan? Jika iya, maka Moms harus sudah mulai mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi si kecil, karena bayi hanya dapat menyerap nutrisi total dari ASI hingga usia 6 bulan. Selebihnya, bayi juga harus menerima asupan makanan lain. Lantas, bagaimana cara mengenalkan MPASI agar dapat diterima oleh tubuh si kecil? Bagaimana agar si kecil dapat beradaptasi dengan mudah atas perubahan pola makan tersebut? Berikut tips menyiapkan MPASI pertama yang wajib Moms ketahui!

1. Kenali Kesiapan Bayi Dalam Menerima MPASI

kenali kesiapan bayi
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Seiring bertambahnya usia bayi, kemampuan belajar bayi juga semakin meningkat. Saat melihat Moms atau Dads makan, ia mulai bisa memahami gestur makan lho, Moms! Akibatnya, sang bayi akan suka memasukkan tangan dan benda apapun ke dalam mulut. Selain menjadi salah satu indikator kesiapan bayi terhadap MPASI, hal ini juga menjadi alarm bagi Moms untuk lebih waspada memperhatikan apa yang dipegang si kecil.

Nah, apabila si kecil sudah pada fase siap MPASI seperti ini, si kecil sudah bisa duduk dan menahan kepalanya dalam posisi tegak secara konsisten, walau masih butuh sandaran. Selain itu, di masa ini bayi dapat menggunakan bibir bawahnya untuk mengambil makanan dari sendok. Keahliannya sudah bertambah jauh ya, Moms!

2. Mengenali Keadaan Emosional Bayi

Tips Memberi Mpasi Pertama Bagi Si Kecil Mengenali Emosi Bayi
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Sebelum mengenalkan MPASI pertama pada bayi, Moms perlu mengenali kondisi emosional bayi. Jika bayi berada dalam kondisi mood yang baik, maka bayi dapat mengonsumsi MPASI saat itu. Jika tidak, Moms harus mengetahui bahwa perubahan tersebut justru akan dianggap sebagai beban oleh si kecil. Semua orang yang mengalami perubahan dalam kesehariannya pasti mengalami tekanan dan "stres" tersendiri, dan hal ini berlaku pula pada si kecil. Apalagi di masa ini pilihan makanan yang bisa dikonsumsi baby masih terbatas, bukan? Jadi pelan-pelan saja, jangan terlalu dipaksakan. Beri ia waktu untuk menerima MPASI yang disediakan Moms.

3. Mulai Dengan Buah Atau Serealia Dalam Perkenalan Awal

mulai dengan buah atau serealia sebagai perkenalan
Sumber: Pexels.com/Life Of Pix

Dalam mengenalkan MPASI pada bayi, Moms harus ingat bahwa MPASI hanyalah makanan pendamping, sehingga jangan sekali-sekali Moms menghentikan pemberian ASI hingga masa yang tepat, disarankan hingga usia 2 tahun. Pahamilah ada beberapa parameter yang dapat Moms gunakan dalam memilih bahan MPASI. Yakni bahan makanan yang kaya nutrisi (karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein, vitamin, mineral, dan zat besi), tidak menggunakan bahan aditif (garam, gula, perisa), dan bukan makanan yang beresiko menimbulkan alergi.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi pada anak anak adalah kacang-kacangan, susu, telur, gandum, kedelai, ikan, dan kerang. Maka dari itu, jenis makanan ini belum disarankan menjadi bahan pokok MPASI awal, apalagi susu sapi. Susu sapi sebaiknya diberikan pada usia diatas 12 bulan, karena pencernaan bayi sudah jauh lebih kuat untuk mencerna protein susu sapi. Ada banyak menu MPASI 6 bulan yang dapat Moms berikan bagi si kecil kok. Salah satu tipe makanan yang aman adalah buah dan serealia.

4. Kenali Berat Badan Si Kecil Agar Bisa Memberikan Makanan Yang Sesuai

Tips Memberi Mpasi Pertama Bagi Si Kecil Kenali Berat Badan Untuk Mpasi
Sumber: Pinterest.com

Dalam menentukan makanan MPASI, sebaiknya Moms memperhatikan berat badan si kecil. Jika tergolong kurus, maka Moms bisa mulai dengan serealia. Bayi cenderung tidak dapat makan serealia ketika sudah merasakan enaknya buah buahan jika buah dijadikan MPASI pertama yang dikenalkan. Satu diantara buah yang dianjurkan adalah pisang. Selain kaya karbohidrat, pisang juga dapat mengurangi resiko sembelit.

Pahami juga pisang yang dipilih sebaiknya jangan yang terlalu manis, karena rasa manis buah dapat mempengaruhi pilihan rasa si kecil. Bisa-bisa ia tidak mau makan makanan manis lho, Moms. Ingatlah bahwa MPASI yang diberikan sebaiknya diproses dengan cara direbus atau dikukus. Menggoreng dan memanggang dapat meningkatkan resiko iritasi pada kerongkongan. Volume MPASI yang diberikan juga dimulai dari 120 ml dan tambahlah sesuai kebutuhan.

5. Cara Mengatur Jadwal Pemberian MPASI Perdana Bagi Si Kecil

cara mengatur jadwal pemberian mpasi
Sumber: Unsplash.com/Estée Janssens

Setelah Moms mengenali beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan MPASI, Moms dapat memulai rancangan MPASI awal selama sebulan, dan disarankan untuk membaginya per minggu. Pada minggu pertama diharapkan dapat dilakuan perkenalan rasa dan tekstur makanan yang lebih padat dari ASI.

Beberapa situs dokter dan ahli gizi menyarankan untuk memberikan MPASI awal dimulai dari sekali sehari, minimal untuk memperkenalkan rasa lain selain ASI. Pemberian diawali dengan satu jenis makanan dan dilakukan selama tiga hari berturut-turut untuk pembiasaan. Misalkan, pisang diberikan selama tiga hari di Minggu pertama, disusul alpukat pada tiga hari berikutnya.

Dalam minggu kedua, Moms sudah mulai dapat memvariasikan sumber karbohidrat, misalkan mengganti buah dengan sayur, atau mulai menambahkan sedikit oatmeal atau beras merah yang diblender halus. Lalu, paada minggu ketiga, Moms sudah mulai dapat memasukkan protein. Dimulai dari protein nabati dari tahu, hingga protein hewani dari blenderan daging ayam.

Makanan si kecil menjadi salah satu kunci dalam menentukan tumbuh kembangnya. Salah satu cara menghindari resiko penyakit saat dewasa adalah dengan memberikan MPASI yang bergizi sejak dini. Ketahuilah asupan daging bagi si kecil juga dapat membantu meningkatkan berat badannya lho. Jadi, apabila si kecil sudah memiliki berat badan yang cukup, Moms dapat memberikan daging dalam jumlah yang sedikit ya. Maka dari itu Moms, yuk cermati lagi asupan makanan untuk si kecil secara berkala!

Apakah Moms juga memiliki tips istimewa atau pengalaman menyiapkan MPASI pertama bagi si kecil? Yuk, share di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "4 Tips Memberi MPASI Pertama Bagi Si Kecil. Moms Sudah Tahu?"