3 Tips Untuk Mencapai Keseimbangan Hidup Di Tengah Padatnya Kesibukan

Waktu Baca: 3 menitSenin, 13 Mei 2019 07:15 WIB
Meningkatkan Work Life Balance Untuk Orangtua Milenial
Sumber: Unsplash.com/Drew Gilliam

Dads! Di kesempatan ini kita akan membicarakan hal yang lumayan serius. Era ini adalah era milenial. Era dimana semua berjalan serba cepat. Semua berlomba-lomba menjadi yang terdepan. Dalam hari yang kian kompetitif ini, Dads dituntut untuk terus-menerus beradaptasi dan mengembangkan diri. Tidak hanya dalam pekerjaan dan bisnis saja. Persoalan keluarga, hingga rumah tangga pun juga butuh untuk cepat diselesaikan.

Membagi Fokus Antara Pekerjaan, Kehidupan Keluarga, Dan Perkembangan Diri

Bagi Dads, persoalan pekerjaan akan menjadi salah satu hal yang mendominasi kehidupan. Ya jelas saja. Keberhasilan Dads dalam karir yang Dads pilih akan menjadi faktor yang sangat menentukan bagi keberlangsungan rencana-rencana masa depan yang Dads buat dengan pasangan. Mungkin saat ini Dads sedang dalam proses untuk meminang rumah impian. Mungkin juga Dads sedang memimpikan mobil keluarga yang akan dipakai untuk liburan bersama-sama kelak.

Seiring dengan berjalannya waktu, besarnya kebutuhan akan semakin meningkat, begitu pula dengan besarnya tanggung jawab. Segala perubahan yang hadir akan menuntut Dads untuk dinamis dan fokus. Seringkali, karena terlalu fokus dengan pekerjaan di kantor, masalah rumah tangga malah jadi terbengkalai. Hubungan dengan pasangan pun jadi tidak harmonis. Apalagi dengan hadirnya si kecil yang membutuhkan perhatian lebih dari kedua orangtuanya. Waktu 24 jam dalam sehari seolah tidak cukup untuk menangani semua aspek kehidupan dengan sempurna. Lantas, dengan kondisi yang kian lama kian kompleks ini, apa yang bisa kita lakukan?

Jawabnya adalah dengan menciptakan keseimbangan, baik dalam karir, keluarga, bahkan hobi. Kedengarannya sungguh simpel ya, Dads? Walaupun terkadang dalam kehidupan, ada kalanya jika hanya dipikir memang sederhana; tapi dalam penerapannya luar biasa susahnya. Nah, terus bagaimana sih cara mudah menciptakan keseimbangan dalam hidup? Jawabnya: tidak ada. Tidak ada cara mudah untuk mencapai keseimbangan hidup. Hal ini dapat dicapai dengan refleksi dan evaluasi diri yang terus-menerus, usaha yang besar, dan, tentunya, pengorbanan. Memang tidak mudah, Dads… Tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Kuncinya, adalah memahami proporsi dan prioritas Dads… Apa yang mendefinisikan diri kita, yang artinya memisahkan mana yang penting dan tidak penting dalam hidup kita. Sebagai contoh, tentunya tidak mungkin hobi bisa menempati porsi yang sama dengan keluarga. Tidak mungkin juga pekerjaan memiliki porsi yang besar jika dibandingkan dengan anak. Begitu kita meletakkan semua komponen kehidupan sesuai dengan porsinya masing-masing, keseimbangan itu akan hadir dengan sendirinya.

Tips Praktis Untuk Mencapai Keseimbangan Hidup Di Tengah Padatnya Aktifitas Harian

Bila Dads membutuhkan cara yang lebih praktis, berikut adalah 3 tips sebagai inspirasi hidup dalam mencapai keseimbangan hidup di tengah padatnya kesibukan Dads!

1. Tentukan Prioritas

Fokus pada apa yang penting bagi Dads untuk mencapai keseimbangan hidup! Disinilah letak pentingnya memahami diri. Dengan menentukan prioritas, tanpa sadar kita sudah melakukan eliminasi pada hal-hal kurang penting dan banyak memakan waktu yang selama ini kita lakukan. Tentukan dan putuskan mana yang menjadi prioritasmu. Tentunya komunikasikanlah hal ini dengan keluarga, agar mereka memahami keputusan yang Dads ambil.

2. Manfaatkanlah Teknologi Sebagaimana Mestinya

Bukan sebaliknya ya, Dads. Jangan sampai Dads malah dimanfaatkan teknologi. Ya, memang era ini adalah eranya teknologi. Keseharian Dads seolah tidak dapat terpisah dari yang namanya teknologi. Segala aspek kehidupan begitu dipermudah dengan hadirnya teknologi. Adanya smartphone, tablet, laptop, dan internet memang telah merubah cara manusia hidup dan berinteraksi dengan sekitarnya. Padahal, jika dimanfaatkan dengan bijak, teknologi bisa menjadi alat yang powerful untuk produktivitas.

Tapi di sisi lain, keberadaan segala kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi bisa menjadi jebakan yang membuang waktu Dads yang sangat berharga. Sebagai contohnya, adalah keberadaan medsos. Memang dengan adanya sosial media, komunikasi dengan kawan, sahabat, rekan sejawat jadi lebih praktis. Tetapi di sisi lain, dengan begitu banyaknya konten yang terdapat pada medsos, justru terkadang dapat menyebabkan kita ketagihan dan lupa pada hal yang lebih penting untuk kita kerjakan.

3. Luangkan Waktu Untuk “Me Time

Semua orang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, tidak terkecuali Dads. Sehari-hari Dads sudah bekerja keras untuk menafkahi keluarga. Waktu yang dimiliki sudah Dads dedikasikan untuk istri dan sang buah hati. Seiring dengan berjalannya waktu, tidaklah mengherankan jika Dads merasa letih dan kurang bergairah dalam menjalani keseharian. Jadi, pastikan agar Dads memiliki jadwal me time sendiri ya untuk mengembalikan semangat Dads!

Yang tak kalah penting, pahamilah dan terimalah bahwa hidup ini memang penuh dengan tantangan. Tiap harinya kita dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang butuh dipecahkan, baik dalam lingkungan kerja, maupun keluarga. Segala persoalan ini mendekatkan kita pada kenyataan: hidup tak selamanya indah. Hidup kadang pahit dan menyakitkan, kadang manis, nikmat tiada duanya. Kita pun tidak bisa mengelak, karena inilah keniscayaan dari roda kehidupan yang terus berputar. Namun, dengan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah kehidupan, maka Dads pun juga bisa mencapai keseimbangan hidup kok!

Coba share di komentar, apa saja yang biasanya Dads lakukan agar hidup tetap seimbang di tengah padatnya kesibukan harian?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "3 Tips Untuk Mencapai Keseimbangan Hidup Di Tengah Padatnya Kesibukan"