3 Manfaat Mainan Lego Untuk Anak, Tak Hanya Merangsang Kreatifitas

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 27 April 2019 10:15 WIB
Mainan Lego Untuk Anak
Sumber: Unsplash.com/Rawpixel

Tahukah Moms dan Dads bahwa manfaat mainan lego untuk anak sangatlah banyak? Salah satunya adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual pada anak. Kecerdasan ini merupakan salah satu jenis kecerdasan yang berkaitan dengan navigasi, bentuk, gambar, ruang, objek, dan imajinasi. Kemudian, selain untuk hiburan, mainan lego juga bermanfaat sebagai sarana edukasi yang baik untuk si kecil lho, Moms! Yuk simak penjelasannya.

1. Melatih Anak Untuk Menyusun Objek 3 Dimensi

Sebagai orangtua, membeli mainan untuk si kecil adalah perkara yang gampang-gampang susah. Karena tak semua permainan bisa bebas diberikan kepada sang anak. Alih-alih menghibur, jenis permainan yang salah bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang si kecil. Maka dari itu, sebagai orangtua Moms dan Dads juga harus berhati-hati saat akan membelikan jenis permainan untuk si kecil. Sangat disarankan Moms dan Dads memilih jenis permainan yang bermanfaat, serta mendukung tumbuh kembang anak, seperti lego.

Permainan lego ini merupakan salah satu jenis permainan bongkar pasang yang terbuat dari plastik dan sangat terkenal di berbagai negara. Bentuknya berupa bongkahan-bongkahan kecil yang bisa disusun menjadi bentuk mobil, rumah, kapal, pesawat, robot, bahkan perkotaan. Selain itu, lego juga memiliki warna yang beraneka ragam, sehingga tidak akan membosankan untuk dimainkan oleh anak-anak. Manfaat mainan lego untuk anak yang pertama adalah bisa melatih anak untuk menyusun objek 3 dimensi. Pahamilah bahwa hal ini berkaitan dengan kecerdasan visual anak khususnya dalam bidang ruang.

Dengan sering bermain menyusun bongkahan-bongkahan lego yang berserakan menjadi suatu bentuk yang diinginkan, misalnya saja bentuk rumah, maka si kecil pun akan makin terasah kemampuannya di dalam kecerdasan visual dan bidang ruang. Sebelum si kecil bisa membuat bentuk ruang yang utuh, Moms dan Dads bisa mengarahkan si kecil untuk menyusun balok-balok lego secara bertahap terlebih dahulu. Ajari anak mulai dari bentuk yang paling sederhana, baru kemudian tingkatkan bertahap menjadi bentuk yang lebih rumit.

Mulailah ajari anak menggunakan platform lego sebagai dasar rumah, lantai rumah, atau halaman rumah HappyFams sebagai contoh kepada si kecil. Platform ini biasanya berbentuk persegi panjang dengan warna hijau yang paling mudah ditemukan karena ukurannya yang besar daripada balok lego lainnya. Setelah itu, ajak anak Moms dan Dads untuk membuat tembok rumah yang kokoh sebagai tahapan latihan selanjutnya.

Katakan kepada si kecil, bila ia ingin membuat tembok yang kokoh, sebaiknya jangan menyusun lego secara vertikal atau lurus mengikuti balok lego yang ada di atasnya. Namun sebaiknya, arahkan anak untuk menyusun lego secara siar vertikal atau disusun secara menyilang. Bebaskan saja si kecil dalam berkreasi karena semakin sering ia bermain, si kecil pun akan semakin terasah daya berpikir kreatifnya.

2. Mengenalkan Anak Pada Macam-Macam Warna, Bentuk, Dan Ukuran Objek 3 Dimensi

Manfaat mainan lego untuk anak yang terakhir adalah sang anak jadi bisa mengenalkan macam-macam warna, bentuk, dan ukuran lego sehingga ia bisa belajar banyak hal baru. Yang semula tidak mengerti macam-macam ukuran dan bentuk, dengan bermain lego anak menjadi tahu. Yang semula tidak tahu nama warna-warna benda, kini menjadi tahu setelah bermain lego. Dengan bermain lego, si kecil tidak hanya sekedar bermain, tetapi juga belajar. Dengan bermain lego, cara belajar pun jadi terlihat asyik dan menyenangkan. Anak-anak pun tidak akan bosan bila cara belajarnya diselingi dengan permainan.

3. Meningkatkan Daya Imajinasi Dan Daya Kreatifitas Anak

Manfaat mainan lego untuk anak yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas. Ketahuilah juga bahwa dengan bermain lego, secara tidak langsung buah hati Moms dan Dads telah diajak untuk mengasah daya imajinasi dan kreatifitasnya sejak dini. Misalkan saja dengan membuat sebuah robot dari susunan lego.

Nah, sebelum menyusun balok lego, sebaiknya Moms dan Dads ikut serta memperkenalkan terlebih dahulu balok-balok lego tersebut pada anak sebagai cara untuk edukasi kepada si kecil. Katakan padanya bahwa dengan bongkahan balok-balok lego tersebut si anak dapat membuat benda-benda impiannya. Berikan dorongan kepada si anak untuk berkreasi dan menyusun bentuk-bentuk abstrak secara bebas tanpa larangan.

Pastikan saja anak Moms dan Dads tidak diganggu saat sedang asyik berkreasi menyusun lego. Bagaimanapun bentuk objek yang dia buat, sebisa mungkin berikan pujian padanya. Karena dengan cara seperti itu artinya Moms dan Dads sudah ikut terlibat dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatifitas anak. Kemudian, ajari juga si kecil untuk berlatih membuat berbagai bentuk lainnya untuk memancing daya imajinasinya lebih luas.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat mainan lego untuk anak. Semoga melalui penjelasan singkat ini dapat membantu Moms dan Dads sebagai orangtua untuk selektif dalam memilih jenis permainan bagi anak ya!

Nah, sekarang share di kolom komentar deh, apakah Moms dan Dads punya alternatif mainan edukasi anak lainnya selain lego? Mari berbagi pengalaman disini!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "3 Manfaat Mainan Lego Untuk Anak, Tak Hanya Merangsang Kreatifitas"
related post
5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca