3 Hal Penting Yang Perlu Moms Ketahui Tentang Program MPASI

Waktu Baca: 3 menitSenin, 01 April 2019 10:45 WIB
Hal Penting Mpasi
Sumber: healthymatters.com.hk

MPASI adalah Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Selain mengkonsumsi ASI ibu, bayi yang telah berusia 6 bulan atau lebih perlu memperoleh asupan dari makanan bayi. Dalam memberikan MPASI, kita tidak boleh asal-asalan ya, Moms! Terdapat beberapa hal penting yang perlu kita ketahui sebelum memberikan program mpasi kepada si kecil agar sesuai dengan kebutuhannya. Apa saja sih hal penting tersebut? Yuk kita simak, Moms!

1. Pentingnya Kebersihan Agar Bayi Terhindar Dari Diare

Kebersihan yang baik penting untuk menghindari bayi terkena diare dan penyakit infeksi lainnya yang dapat diupayakan sejak mulai mempersiapkan MPASI. Ibu dapat meningkatkan kebersihan makanan bayi dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum menyiapkan kebutuhan mpasi bayi. Kemudian, cuci tangan ibu dan bayi sebelum makan. Gunakan alat makan yang bersih untuk tempat makan bayi, serta simpan makanan bayi di tempat yang aman dan bersih. Mengingat tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh barang, kebersihannya harus dijaga sebelum makan dengan mencuci tangan ya!

Hal-hal tersebut memang terlihat sederhana, namun sangatlah penting dilakukan karena bayi merupakan makhluk yang rentan terhadap kuman dan bakteri. Untuk itu, kita harus menjaga kebersihannya kapanpun ya, HAPPYfams! Termasuk setelah bayi buang air. Setelah membersihkan kotoran bayi dan saat mengganti popok bayi, Moms juga harus segera mencuci tangan untuk menghindari penyebaran kuman yang berasal dari kotoran tersebut. Dengan begitu, resiko bayi terkena diare dan penyakit bisa dicegah.

2. Memahami Kebutuhan Anak, Serta Responsif

Apa sih responsif itu? Responsif yaitu perilaku ibu yang memahami keadaan anak dalam memberikan makanan terutama mengenai kebutuhan program MPASI bayi. Disini, kepekaan ibu perlu dilatih untuk lebih responsif dengan memahami keadaan anak selama adaptasi dengan MPASI.

Ketika melatih bayi untuk makan, Moms juga harus memahami bahwa bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi menerima makanan selain ASI. Sehingga, kesabaran kita sangat diuji untuk menunggu bayi mau makan. Selain bersabar, kita juga harus memberikan dorongan kepada bayi agar bayi mau memakan makanannya.

Namun, jangan memaksa bayi ketika ia menolak makan ya, Moms! Ingat bahwa segala tindakan tidak menyenangkan dapat memberikan efek trauma pada bayi sehingga memungkinkan bayi justru semakin sulit untuk makan. Nggak mau kan kejadian seperti ini terhadap bayi Moms?

Nah, untuk menarik minat makan bayi, Moms dapat menggunakan piring tersendiri khusus untuk si kecil dan memberikan makanan dengan susunan dan warna yang menarik. Kemudian, pastikan bayi menghabiskan seluruh makanan yang diberikan. Tentunya dengan porsi yang sesuai ya, Moms!

3. Frekuensi Program MPASI Harian, Bagaimana Sebaiknya?

Frekuensi MPASI adalah waktu pemberian makan bayi dalam 1 hari. HAPPYfams saat ini mungkin masih banyak yang bingung ya, mengenai kapan sih MPASI harus diberikan? Berapa kali sehari MPASI harus diberikan? Nah, ternyata, Frekuensi makan ini berbeda-beda sesuai dengan usianya lho, HAPPYfams!

Berikut adalah frekuensi makan bayi sesuai dengan klasifikasi usianya:

  1. Bayi berusia 6 bulan memiliki frekuensi makan 2-3 kali dalam sehari,
  2. Pada usia 6-9 bulan, bayi masih memiliki frekuensi makan yang sama yaitu 2-3 kali sehari, namun kali ini ditambah 1-2 kali makanan selingan,
  3. Bayi berusia 9-24 bulan memiliki frekuensi makan 3-4 kali dalam sehari dengan 1-2 kali makanan selingan.

Nah, itu dia Moms, beberapa informasi yang penting untuk diketahui dalam program MPASI untuk si kecil. Poin-poin tersebut dapat diterapkan dengan tujuan memaksimalkan pemberian MPASI kepada si kecil. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Bagaimana dengan pengalaman Moms dalam memberikan MPASI kepada si kecil kesayangan? Yuk share di komentar dan bagikan artikel ini ke teman-teman Moms lainnya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "3 Hal Penting Yang Perlu Moms Ketahui Tentang Program MPASI"
related post
5 Contoh Membuat Resolusi Tahun Baru Dan Cara Mewujudkannya

Tahun baru pada umumnya menjadi momen penting bagi banyak orang untuk menyusun beragam contoh resolusi. ... Lanjut Baca

Menakjubkan! Hanya Mengikuti Menu Diet Sederhana, Seminggu Turun 10 Kg

Semua orang tentu menginginkan tubuh ideal, tidak pandang pria atau wanita, sehingga beragam menu Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca