3 Adab Dengan Ibu Bapa, Supaya Anda Bisa Menjadi Anak Yang Sukses

Waktu Baca: 2 menitMinggu, 11 Oktober 2020 08:35 WIB
adab-dengan-ibu-bapa
Sumber: pexels

Orangtua merupakan orang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam sebuah keluarga. Berbagai agama bahkan mengajarkan cara yang baik dalam membahagiakan dan memuliakan orangtua. Jika kita berbicara tentang hak dan kewajiban, maka berbakti kepada orangtua merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak.

Lalu dengan cara seperti apa kita dapat memenuhi kewajiban kepada orangtua? Sebenarnya orangtua tidak menuntut apapun dari anak, mereka hanya berharap anaknya suatu saat dapat menjadi anak yang berhasil dan menjadi pribadi yang hebat. Tetapi semua dapat terwujud bila seorang anak memiliki adab degan Ibu Bapanya. Berikut ini adalah cara-cara menjalankan kewajiban sederhana sebagai anak yang beradab kepada orangtua, pelajari satu-satu ya!

Menaati Orangtua

Happy Fams, Sebagaimana yang kita ketahui bahwa menaati orangtua merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap anak yang tertulis dalam agama apapun. Selama perintah yang dianjurkan oleh orangtua bukanlah hal yang negatif, maka sebagai seorang anak wajib mematuhinya. Jika seorang anak merasa hal yang diperintahkan oleh orangtuanya tidak sesuai dengan keinginan maka anak bisa mengkomunikasikannya dengan baik, hal ini merupakan anjuran adab dengan ibu bapa.

Taat kepada orangtua dengan mendengarkan kata–kata orangtua memang wajib dilakukan, namun sebagai anak juga harus memperhatikan setiap kalimat saat berbicara dengan orangtua. Hal ini sebenarnya tidak bisa Anda bebankan sepenuhnya kepada anak karena keberhasilan didikan kepada anak merupakan hasil belajar orangtua. Sebagai orangtua, tetap harus memperhatikan seputar hubungan suami istri. Jika anda bisa berkomunikasi baik dengan pasangan, maka anda juga bisa berkomunikasi baik dengan anak.

Tidak Menyusahkan Orangtua

tidak menyusahkan orang tua
Sumber: freepik

HappyFams, sebagai seorang anak memang memiliki kewajiban untuk tidak menyusahkan orangtua karena mereka sudah berjuang untuk membesarkan anak dengan sepenuh hati tanpa mengenal lelah. Apabila ingin menjadi anak yang berbudi maka berusahalah untuk tidak menyusahkan orangtua dengan mengikuti apa yang dianjurkan dan tidak membangkang selama hal tersebut baik.

Selalu Mendoakan Orangtua

Semua hal yang diberikan orangtua memang bukanlah hal yang sepele bahkan bisa dikatakan apapun yang diberikan oleh orangtua ke anak merupakan hal yang tidak bisa dinilai secara materi. Salah satu adab dengan ibu bapa yang bisa anda lakukan yakni dengan selalu berdoa dan mohon ampun kepada Tuhan mendoakan yang terbaik untuk orangtua.

HappyFams mungkin sudah sangat sering mendengar tentang adab dengan ibu bapa namun sebenarnya adakah adab dari orangtua ke anak? Seperti yang kita tahu bahwa seorang anak akan mencontoh orangtuanya sehingga apabila Anda ingin anak memiliki adab yang baik, anda harus memberi contoh yang baik pula.

Sebagai orangtua, bisa memperlakukan anak dengan baik dan mulia. Saat ini kebiasaan memarahi anak merupakan hal yang sangat umum kita temui, padahal hal tersebut bukanlah hal yang benar. Apabila anda memang ingin mengajari anak dengan baik anda bisa menegurnya dengan bahasa yang baik pula. Apa yang dilakukan orangtua, itulah yang akan ditiru oleh anak.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "3 Adab Dengan Ibu Bapa, Supaya Anda Bisa Menjadi Anak Yang Sukses"
related post
Cara Doa Kepada Orang Tua Yang Baik Dan Benar Untuk Diajarkan Ke Anak

Manusia memiliki tiga jenis kecerdasan utama. Yang pertama adalah IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan kognitif, ... Lanjut Baca

Pendidikan Anak Usia Dini Ini Yang Harus Orangtua Pahami Lebih Lengkap

Moms, sejatinya pendidikan anak usia dini atau yang kerap disingkat menjadi PAUD adalah sebuah investasi ... Lanjut Baca