10 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir Wajib Disiapkan Calon Ibu

Waktu Baca: 3 menitSenin, 09 November 2020 09:21 WIB
perlengkapan mandi bayi
Sumber: unsplash

Selain pakaian bayi, perlengkapan mandi bayi baru lahir juga harus disiapkan sejak awal dalam rangka menyambut kelahiran si kecil di tengah keluarga. Karena ini hal kecil yang sering terlupakan oleh ibu muda ketika baru ingin punya anak pertama. Lalu, apa saja ya perlengkapan yang perlu Moms beli untuk kebutuhan mandi bayi yang baru lahir? Simak daftarnya berikut ini agar Moms bisa siapkan perlengkapan bayi baru lahir terbaik untuk calon buah hati!

1. Waslap

Waslap dapat Moms gunakan untuk membersihkan tubuh bayi yang baru lahir, terutama jika tali pusar si kecil belum lepas. Sebab, bayi baru lahir dengan tali pusar belum dilepas sebaiknya dimandikan hanya di atas permukaan datar dan dibersihkan dengan waslap yang telah direndam dalam air hangat.

2. Bak Mandi Khusus Bayi

Setelah tali pusar bayi lepas, Moms bisa mulai memandikannya di dalam bak mandi khusus untuk bayi. Pilih yang bahannya aman dan sudut-sudutnya tidak tajam demi keamanan bayi.

3. Penyangga Tubuh Bayi

penyangga tubuh bayi
Sumber: merries.co.id

Alat ini bisa sangat membantu Moms yang baru pertama kali punya bayi dan belum berpengalaman memandikan bayi. Alat ini mirip seperti jaring yang keempat sudutnya dilengkapi penjepit untuk dikaitkan pada pinggiran bak mandi.

4. Baby Bather

baby bather perlengkapan mandi bayi
Sumber: summerinfant.com

Alternatif perlengkapan mandi bayi baru lahir lain untuk Moms yang baru pertama kali punya bayi. Dengan alat ini, Moms bisa memandikan bayi dengan kedua tangan secara bebas.

5. Handuk Mandi Bayi

Pilihlah handuk mandi khusus bayi yang serat-seratnya benar-benar halus dan lembut. Dengan begitu, air dapat terserap dengan baik dan tubuh si kecil bisa kering dengan tuntas setelah ia mandi.

6. Perlak

kain perlak
Sumber: tokopedia

Untuk perlengkapan mandi bayi baru lahir, Moms sebaiknya pilih perlak yang permukaannya datar agar lebih mudah dikeringkan. Fungsi perlak adalah untuk menjaga agar permukaan tempat bayi dimandikan tidak basah oleh percikan air. Karena itu, pilihlah perlak berukuran besar agar dapat menutupi lebih banyak area permukaan.

7. Baskom Kecil

Sedangkan perlengkapan mandi yang satu ini bisa Moms gunakan apabila Moms tidak menggunakan bak mandi khusus bayi, apalagi untuk bayi yang baru lahir. Cukup tuangkan air hangat ke dalam baskom dan celupkan waslap, Moms bisa gosok lembut dan bersihkan tubuh si kecil yang belum banyak berkeringat karena usianya yang masih sangat muda.

8. Sabun dan Sampo Bayi

Pastinya kedua produk ini wajib tersedia untuk kebutuhan mandi si kecil. Karena kulit bayi yang masih sangat sensitif dan refleks matanya belum terlalu baik, pilihlah sabun dan sampo dengan kadar pH netral, yaitu 5,5 dan produk yang tidak membuat mata terasa pedih.

9. Minyak Telon

Minyak telon dapat Moms siapkan untuk dioleskan ke tubuh bayi setelah mandi agar si kecil merasa hangat sepanjang hari.

10. Kapas Steril dan Kain Kasa

Penggunaan kapas steril dan kain kasa sangat bermanfaat terutama jika bayi masih berusia sangat muda dan tali pusarnya belum lepas. Dengan begitu kebersihan tali pusar selalu terjaga dan bebas dari risiko iritasi.

Nah dengan menyiapkan perlengkapan mandi bayi baru lahir ini, Moms dapat memandikan bayi dengan tenang dan si kecil akan selalu segar harum sepanjang hari. Bikin pengen di cium-cium terus jadinya ya Moms :)

Tapi tidak lupa juga kan Moms mempersiapkan baju bayi baru lahir, baju seperti apa saja dan berapa banyak jumlahnya untuk masing-masing jenis baju!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "10 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir Wajib Disiapkan Calon Ibu"
related post
Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Bedong sendiri merupakan salah ... Lanjut Baca

Belajar Pijat Bayi Baru Lahir, Bisa Mengobati Bayi Susah BAB Lho Moms

Bagi sebagian besar pasangan orang tua yang baru memiliki buah hati sudah tentu pengalaman dalam ... Lanjut Baca

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bayi Menangis Ketika Tidur Tanpa Sebab

Banyak orang beranggapan jika bayi menangis merupakan hal yang wajar. Bahkan tidak sedikit yang percaya ... Lanjut Baca