10 Hal Yang Masih Diperbolehkan Ketika Berpuasa, Simak Yuk HappyFams

Waktu Baca: 5 menitKamis, 15 April 2021 10:30 WIB
hal yang masih diperbolehkan ketika puasa
Sumber: pexels

Dalam berpuasa kita dituntut untuk mengetahui semua ilmu yang berkaitan degannya agar puasa kita tidak sia-sia, termasuk ilmu yang tentang hal-hal yang masih diperbolehkan kita lakukan saat kita melaksanakan salah satu rukun Islam yang mulia ini.

Berikut Happinest rangkum 10 hal yang dibolehkan ketika puasa disertai dalil dan penjelasan ulama:

1. Makan, minum atau berjimak dalam keadaan lupa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata, Rasullulah shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang lupa sedang ia dalam keadaan puasa lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia sempurnakan puasanya karena kala itu Allah yang memberi ia makan dan minum." (HR. Bukhari no. 1933 dan Muslim no.1155)

2. Mencicipi makanan selama tidak masuk dalam kerongkongan

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, ia mengatakan "Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan." (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf 2/304. Syaikh Al Albani dalam Irwa' no.937 mengatakan bahwa riwayat ini hasan).

Termasuk dalam mencicipi disini adalah mengunyah makanan untuk suatu kebutuhan seperti membantu mengunyah makanan untuk si kecil. 

3. Menelan dahak

Menurut mahzab Hanafiyah dan Malikiyah, menelan dahak tidaklah membatalkan puasa karena ia dianggap sama seperti air ludah dan bukan sesuatu yang asalnya dari luar. (Al Mawsu'ah Al Fiqhiya, 2/9962 dan Shahih Fiqh Sunnah, 2/117).

4. Menelan sesuatu yang sulit dihindari

memasak dalam puasa
Sumber: pexels

Seperti masih ada sisa makanan atau seperti darah pada gigi yang ikut pada air ludah dan jumlahnya sedikit, serta suit dihindari, maka seperti ini tidak mengapa jika tertelan. Namun jika darah atau makanan lebih banyak dari air ludah yang tertelan, maka puasanya jadi batal. (Sahih Fiqh Sunnah, 2/118)

5. Bersiwak ketika berpuasa

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk menyikat gigi (bersiwak) setiap kali berwudu."

Hadis ini dikeluarkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya secara mu'allaq (tanpa sanad). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Khuzaimah 1/73 dengan sanad lebih lengkap. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sana hadis ini sahih.

Imam Al Bukhari membawakan hadis tersebut dalam judul Bab "Siwak basah dan kering bagi orang yang berpuasa". Judul bab ini mengisyaratkan bahwa Imam Al Bukhari ingin menyanggah sebagian ulama (seperti ulama Malikiyah dan Asy Sya'bi) yang memakruhkan untuk bersiwak ketika berpuasa dengan siwak basah.

Lalu bagaimana dengan menyikat gigi? Kalau kita melihat dari perkataan ulama masa silam, menyikat gigi tidaklah membatalkan puasa asalkan tidak ada pasta atau sesuatu yang masuk dalam rongga tubuh atau perut.

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Jika seseorang bersiwak dengan siwak yang basah lantas cairan dari siwak tadi terpisah lalu tertelan, atau ada serpihan dari siwak yang ikut tertelan, puasanya batal. Hal ini tidak ada perbedaan di antara para ulama (Syafi'iyah). Al-Faurani dan yang lainnya pun menegaskan seperti itu."

Kalau saran kami sih, waktu menyikat gigi bisa dilakukan setelah makan sahur atau berbuka. Bagaimana?

6. Berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung asal tidak berlebihan

Nabi shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Bersungguh-sungguh dalam beristinsyaq (memasukkan air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa."

Ibu Hajar rahimahullah mengatakan, "Jika dikhawatirkan sehabis bersiwak terdapat sesuatu yang basah di dalam mulut (seperti sesudah berkumur-kumur dan masih tersisa sesuatu yang basah di dalam mulut), maka itu tidak membatakan puasa walaupun sesuatu yang basah tadi ikut tertelan."

7. Bekam dan donor darah jika tidak membuat lemas

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Nabi shallallahu 'alahi wa sallam berbekam dalam keadaan berihram dan berpuasa. (HR. Bukhori no. 1938)

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ditanya, "Apakah kalian tidak menyukai berbekam bagi orang yang berpuasa?". Beliau berkata, "Tidak, kecuali jika bisa menyebabkan lemah."  (HR. Bukhori no. 1940)

Imam Asy Syafi'i mengatakan "Jika seseorang meninggalkan bekam ketika puasa dalam rangka kehati-hatian, maka itu lebih aku sukai. Namun jika ia tetap melakukan bekam, aku tidak menganggap puasanya batal." (Al Umm. 2/106)

8. Bercelak dan tetes mata

Al Hasan Al Bashri mengatakan, "Tidak mengapa bercelak untuk orang yang berpuasa." (Dikeluarkan oleh 'Abdur Rozaq dengan sanad yang sahih. Lihat Fathul Bari, 4/154)

9. Mandi dan menyiramkan air di kepala untuk membuat segar

Hal ini dikuatkan oleh sebuah riwayat dari Abu Bakr bin 'Abdirrahman, beliau berkata, "Sungguh, aku melihat Rasullulah shallallahu 'alahi wa sallam di Al 'Aroj mengguyur kepalanya (karena keadaan yang sangat haus atau sangat terik) dengan air, sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa." (HR. Abu Daud no. 2365)

Penulis Aunul Ma'bud mengatakan, "Hadis ini merupakan dalil bolehnya orang yang berpuasa untuk menyegarkan badan dari cuaca yang cukup terik dengan mengguyur air pada sebagian atau seluruh badannya. Inilah pendapat mayoritas ulama dan mereka tidak membedakan antara mandi wajib, sunnah, atau mubah." ('Aunul Ma'bud, 6/352)

10. Muntah yang tidak sengaja

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang muntah menguasainya (muntah tidak sengaja) sedangkan ia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qada baginya.

Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qada." (HR, Abu Daud, no.238, Ibnu Majah, no.1676, dan Tirmidzi, no.720)

Nah itulah hal-hal yang masih boleh dilakukan saat puasa dan tidak menyebabkan puasa kita batal. Semoga bermanfaat HappyFams

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "10 Hal Yang Masih Diperbolehkan Ketika Berpuasa, Simak Yuk HappyFams"
related post
Lebaran Banyak Diskon? Ini Tips Hemat Belanja Online Di Bulan Ramadan

Setiap menjelang Hari Raya Lebaran, di Bulan Ramadan kebutuhan semakin meningkat. Selain kebutuhan untuk hari ... Lanjut Baca

5 Menu Buka Puasa Yang Paling Laris, Irit, Sehat Dan Rendah Kalori

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti oleh semua umat Islam. Beragam hal dipersiapkan demi ... Lanjut Baca

Daftar Kota Di Negara Dengan Waktu Puasa Terlama Dan Tercepat Di Dunia

Puasa Ramadhan menjadi suatu kewajiban umat muslim di seluruh dunia, yang mana puasa merupakan saatnya ... Lanjut Baca