10 Desain Kamar Anak Perempuan Yang Bisa Dads Jadikan Inspirasi

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 28 Juli 2019 11:00 WIB
Desain Kamar Anak Perempuan
Sumber: Yandex.com

Membuat desain kamar untuk anak perempuan memiliki tantangan tersendiri untuk Dads. Mengapa? Alasan paling utamanya adalah perbedaan gender, sehingga psikologi dan selera anak perempuan juga sulit untuk dipahami Dads. Berbeda dengan anak laki-laki yang seleranya pasti tidak jauh berbeda dengan Dads. Like father like son.

Agar si kecil yang feminin ini suka dengan desain kamarnya sendiri, Dads harus mencari tahu dulu nih seperti apa desain kamar yang cocok untuk anak perempuan kesayangan Dads. Ada beragam desain kamar yang manis dan cantik untuk anak perempuan lho! Nah, langsung saja intip yuk, 10 desain kamar anak perempuan yang bisa menjadi inspirasi untuk Dads.

1. Terapkan Tema Dan Karakter Yang Menyenangkan

Desain Kamar Anak Perempuan Terapkan Tema Favorit
Sumber: Yandex.com

Sebelum mulai menentukan desain kamar dengan tema dan karakter yang cocok, Dads harus ketahui dulu karakter atau tema apa yang jadi favorit si kecil. Hal ini bisa Dads ketahui lewat benda atau mainan yang suka dipilih si kecil atau bisa juga dengan melihat film anak yang suka ia tonton. Misalnya saja, Frozen, Disney atau Marsha.

Dengan mendesain kamar sesuai dengan apa yang difavoritkannya, si kecil akan merasa nyaman dan senang untuk istirahat, belajar hingga bermain di dalam kamarnya. Menghadirkan desain binatang yang disukai juga Dads dilakukan, misalnya headboard berbentuk kucing. Meskipun begitu, sebaiknya terapkan saja pada satu sisi ya Dads, karena selain jadi terlalu ramai juga bisa membuat anak jadi bosan dengan karakter tersebut.

2. Gunakan Warna Yang Menjadi Pengantar Tidur

Desain Kamar Anak Perempuan Gunakan Warna Pengantar Tidur
Sumber: Yandex.com

Memilih paduan warna yang dapat menjadi pengantar tidur juga menjadi pilihan desain kamar tidur anak yang patut untuk Dads coba. Warna kamar juga bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologi anak lho, Dads. Dads bisa menggunakan warna-warna pastel nan lembut pada cat dinding kamar. Atau memilih menggunakan wallpaper yang tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif juga ide yang brilian, Dads. Nah, kalau desain dinding sudah ramai, sebaiknya gunakan warna furniture yang netral agar enak dan nyaman dilihat.

3. Buatlah Ruang Pakaian Yang Cantik

Desain Kamar Anak Perempuan Ruang Pakaian
Sumber: Yandex.com

Tahukah Dads? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak biasanya sudah mulai ingin melakukan kegiatannya sendiri saat berusia 2 tahun. Kalau Dads memiliki ruangan yang cukup luas untuk kamar anak, Dads bisa membuatkan dressing room khusus untuk anak pada sudut ruangan. Anak pun juga dapat berlatih jadi lebih mandiri dan percaya diri dalam memilih pakaian yang ingin mereka kenakan. Ia pun bisa lebih kreatif dalam memadupadankan pakaian.

4. Dekorasi Kamar Tidur Lebih Edukatif

Desain Kamar Anak Perempuan Dekorasi Edukatif
Sumber: Yandex.com

Mendekorasi kamar anak, apalagi untuk perempuan terkadang susah-susah gampang ya, Dads. Kalau temanya hanya mengandalkan tokoh kesukaan si kecil, maka suatu saat seleranya bisa berubah seiring bertambahnya usia. Sebagai pilihan alternatif, Dads bisa memilih dekorasi kamar anak yang lebih edukatif, karena dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, Dads. Seperti memilih dekorasi bulan, bintang, planet dan benda luar angkasa lainnya. Dan juga bisa menghiasi langit-langit kamar anak dengan dekorasi bintang yang bisa bercahaya di saat gelap.

5. Berikan Furniture Yang Imajinatif

Desain Kamar Anak Perempuan Furniture Imajinatif
Sumber: Yandex.com

Salah satu desain kamar tidur anak perempuan yang menarik adalah menggunakan furniture yang imajinatif. Dads bisa mengambil ide dari kisah dongeng atau pun film anak dan menerapkan warna-warna yang cerah pada furniture tersebut. Dads bisa pilih warna yang sesuai atau bisa pilih warna netral saja, contohnya puppet lamp yang dapat dimainkan. Selain itu pilihlah material furniture yang aman untuk anak, seperti solid wood.

6. Pastikan Kamar Mendapat Pencahayaan Yang Cukup

Desain Kamar Anak Perempuan Pencahayaan Cukup
Sumber: Yandex.com

Berhubung anak masih dalam kondisi pertumbuhan, maka usahakan agar kamar tidurnya mampu memperoleh cahaya matahari yang maksimal di siang hari ya, Dads. Untuk penerangan pada malam hari, gunakan lampu yang dapat menerangi setiap sudut. Atau Dads juga bisa memilih lampu tidur dengan bentuk yang lucu-lucu seperti bunga dan awan. Kondisi pencahayaan pada malam hari juga berpengaruh terhadap kualitas tidur anak lho, Dads.

7. Pahami Cara Memaksimalkan Kamar Yang Sempit

Desain Kamar Anak Perempuan Maksimalkan Kamar Sempit
Sumber: Yandex.com

Kalau memiki ruangan yang sempit untuk kama anak, maka Dads harus mencoba menggunakan desain kamar tidur anak perempuan minimalis sederhana. Poin utamanya yaitu furniture yang digunakan harus mengutamakan fungsi. Misalnya pilihlah tempat tidur yang memiliki laci di bagian bawahnya. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan pakaian, buku, atau mainan.

Selain itu dinding juga menjadi bagian yang paling penting dalam menyiasati kamar tidur yang sempit. Beberapa ide yang dapat Dads coba yaitu menggunakan meja belajar yang menempel ke dinding, begitupun dengan rak buku, dan usahakan untuk menggunakan furniture yang mudah dilipat, sehingga tidak terlalu banyak mengambil ruang di dalam kamar si kecil.

8. Membuat Ruang Penyimpanan Untuk Mainan

Desain Kamar Anak Perempuan Ruang Mainan
Sumber: Yandex.com

Namanya anak kecil pasti memiliki banyak mainan yang nantinya akan berserakan kemana-mana. Ada baiknya Dads juga menyediakan ruang khusus untuk menyimpan mainan anak. Selain agar mainan si kecil tidak bertebaran dan tercecer, juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan anak dengan memintanya merapikan kembali mainannya.

9. Menyediakan Dinding Tumbuh

Desain Kamar Anak Perempuan Dinding Tumbuh
Sumber: Yandex.com

Dinding tumbuh adalah dinding yang kosong dan dapat dijadikan sebagai wall of fame untuk anak, Dads. Desain kamar tidur anak ini cukup bermanfaat, karena dapat dijadikan sebagai media untuk menempelkan karakter favorit, aneka gambar, sampai berbagai foto kenangan bersama temannya di sekolah. Selain itu menyediakan dinding tumbuh juga dapat membuat desain kamar bertahan lebih lama, karena seiring bertambahnya usia anak, perintilan yang ada di dinding tersebut dapat diubah sesuai kreatifitas. Bahkan, dinding tersebut juga bisa menambah kreativitas si kecil dengan membiarkan ia berimajinasi dengan dinding tersebut.

10. Buat Desain Tempat Tidur Jangka Panjang

Desain Kamar Anak Perempuan Tempat Tidur Jangka Panjang
Sumber: Yandex.com

Kondisi kamar anak memang sebaiknya direncanakan sejauh jauh hari. Termasuk untuk urusan kamar tidur. Jika Dads berencana untuk memiliki anak perempuan lebih dari satu, tidak ada salahnya untuk membuat tempat tidur yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Misalnya, dengan memilih tempat tidur bertingkat. Jadi, kelak kedua anak perempuan Dads dapat tidur bersama. Pastikan juga untuk memilih tempat tidur dengan bahan yang berkualitas baik ya, Dads. Agar tempat tidur tetap awet meski telah dipakai bertahun-tahun dan aman untuk si kecil.

Itulah 10 desain kamar anak perempuan yang dapat Dads terapkan di rumah. Atau Dads bisa menanyakan langsung kepada si kecil tentang tema kamar yang ia inginkan. Kalau Dads memiliki pertanyaan, tanggapan, atau tip lainnya seputar desain kamar minimalis untuk anak, jangan sungkan untuk menyampaikannya lewat komentar ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "10 Desain Kamar Anak Perempuan Yang Bisa Dads Jadikan Inspirasi"
related post
Pola Asuh Permisif Anak, Bebas Tanpa Aturan Namun Bisa Jadi Bumerang

Pola asuh anak memiliki beberapa cara, ada pola asuh otoriter, pola asuh demokratis maupun pola ... Lanjut Baca

5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca

Cara Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua Milenial Dengan Anak-anak

HappyFams, Komunikasi merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk bisa ... Lanjut Baca